Translate

Selasa, 11 Oktober 2011

BAGAIMANA ANDA MEMANDANG DIRI ANDA?


Citra diri yang positif penting untuk mengangkat rasa percaya diri Anda. Jangan
pernah merasa “betis si anu lebih indah dari saya punya”, atau memimpikan memiliki
postur seperti peragawati terkenal. Kemampuan menghargai diri sendiri sangat penting
untuk gaya hidup yang seimbang dan sehat.
Berikut ini ada sejumlah pertanyaan yang disusun oleh website Betterhealth yang bisa
membantu apakah Anda memiliki citra diri yang sehat. Jawaban yang jujur akan membantu
memecahkan sebagian masalah Anda.

1. Saya tidak suka melihat diri saya sendiri di depan cermin.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

2. Ketika berbelanja baju, saya menjadi lebih peka terhadap masalah berat badan, dan
akibatnya berbelanja baju jadi tidak menyenangkan.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

3. Saya malu tampil di depan publik.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

4. Saya memilih tidak ikut dalam kegiatan olahraga atau latihan bersama karena
penampilan saya.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

5. Saya sedikit banyak merasa malu dengan bentuk tubuh saya karena hadirnya lawan
jenis.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

6. Menurut saya, bentuk tubuh saya jelek.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

7. Saya rasa orang lain pasti berpikir tubuh saya tidak menarik.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

8. Saya merasa teman atau keluarga saya mungkin malu bepergian bersama saya.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

9. Saya sering tiba-tiba sadar saya sedang membandingkan diri saya dengan orang lain
untuk melihat apakah bobot tubuh mereka lebih berat dari saya.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

10. Sulit bagi saya menikmati berbagai kegiatan karena saya sangat sadar pada
penampilan fisik saya.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

11. Pikiran saya sering dihantui rasa bersalah karena masalah bobot tubuh saya.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

12. Pikiran saya tentang tubuh dan penampilan fisik saya adalah negatif dan mengkritik
diri sendiri.
a. Tidak pernah
b. Sesekali
c. Seringkali
d. Selalu

Bila 60 persen lebih jawaban Anda berupa jawaban b,c atau d, berarti Anda memiliki
citra diri yang kurang atau bahkan tidak positif.
Memelihara citra diri negatif bisa mengganggu kebahagiaan hidup Anda,
menggagalkan keberhasilan menurunkan bobot badan dan tetap bugar, bahkan bisa
mengarah pada depresi dan kelainan psikologis seperti anoreksia atau bulimia.
Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki citra diri adalah mengubah penyebutan diri
sendiri yang negatif menjadi pernyataan-pernyataan positif. Misalnya, mengubah
pernyataan seperti, “Tidak ada seorang pun yang bisa segendut saya,” menjadi
pernyataan positif tentang diri Anda, “Banyak orang dengan masalah kegemukan disukai
dan dihargai oleh orang lain. Kecantikan adalah kualitas dari dalam yang datang karena
saya menyayangi diri saya sendiri dan peduli pada orang lain, bukan karena penampilan
fisik saya.”


Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia
kuduskan.
Ibrani 10:14
Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau.
Yesaya 43:4a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar