Translate

Selasa, 06 September 2011

Mengenal Kelebihan dan Kelemahan diri


Kemarin pas lagi bersih-bersih rumah, nemuin lembar kertas, stelah diliat…. Itu adalah kertas yang berisi kebaikan dan keburukan ku yang saya dapat dari teman-teman saya di MMK dalam acara games di Toraja beberapa waktu lalu….

Permainan games introspeksi diri melalui mata teman…
Semua peserta duduk melingkar.. dibagikan amplop yang bertuliskan nama kami masing2…

Dalam amplop berisi selembar kertas yang kemudia di bagi menjadi 2.. satu lembar di tulis kebaikan yang ada pada diri kita masing2… dan satu lembarnya di tulis keburukan kita…. Setelah itu masukan dalam amplop.. dan amplom tadi di over ke teman disamping anda… setelah itu org di sebelah anda akan menerima amplom dari anda.. dan kemudian menulis kebaikan dan keburukan anda menurut pengelihatannya selama ini….


Aku membacanya…. Ternyata kebaikanku banyak juga ya….hehehe… 

anehnya lagi aku tak menyadari klo dalam diri saya memiliki beberapa kebikan yang di liat oleh teman-teman saya… Kertas ini saya lalu scan… end abadikan….. sebenarnya… lebaran keburukannya juga ada.. tapi aturan permainannya waktu itu.. setelah membaca semua masukan2 dari teman2.. maka lebaran keburukan kami bakar dan kebaikan kami simpan… dengan harapan agar keburukan yang selama ini ada dalam diri kita masing2 bisa hilang. Dan kebaikan yang sudah ada dapat terus kita pertahankan….

Jika kita menyadari bahwa setiap orang memilki kelebihan dan kelemahan, maka setiap orang akan selalu rendah hati dan menghargai hak azasi manusia. Bagaimanakah untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan diri sendiri???? Cara yang paling tepat adalah dengan melakukan introspeksi diri atau merenungkan diri untukmelihat kemampuan diri sendiri secara jujur.

Untuk melakukan introspeksi diri memang bukan hal yang mudah, maka perlu bantuan orang lain terutama orang-orang di sekitar kita untuk memberikan penilaian kepada diri kita secara jujur. Namun, dalam hal ini pun tidak mudah. Sebab kadangkala orang-orang di sekitar kita cenderung mengatakan tidak sejujurnya dan cenderung menyenangkan hati kita. Hal yang penting untuk melakukan introspeksi adalah :

Menghilangkan perasaan superior, yakni menganggap dirinya paling hebat, sehingga malu jika diketahui kelamahannya. 
Jangan pernah menganggap orang lain lemah, sebelum menemukan kelemahan diri sendiri. 

Menanamkan pemahaman kepada diri sendiri bahwa tujuan introspeksi adalah untuk memperbaiki diri agar lebih baik dalam bersikap maupun bertingkahlaku. 
Memperhatikan kritikan yang masuk. Walaupun kritikan itu pedih, namun pada hakikatnya kritikan itu bersifat membangun terutama membangun mentalitas kita. 

Menggunakan bantuan alat ukur dalam bentuk angket atau kuersioner yang khusus dibuat untuk menguji kelemahan diri. Ini biasanya dilakukan oleh lembaga psikologi. 


Dengan mengetahui kelebihan diri, maka kita dapat mengembangkannya sebagai bentuk kekuatan yang mendorong tercapainya kesejahteraan lahir dan batin bagi kehidupan sekarang dan di masa yang akan datang. Selain dengan mengetahui kelebihan diri, mengetahui kelamahan yang dimiliki juga bermanfaat dalam hal :

Membatasi sikap perilaku 
memudahkan dalam mencari jalan keluar terbaik 
Mengupayakan agar kelemahan bukan penghambat, tetapi justru pemacu semangat untuk meningkatkan kemampuan yang menjadi kelebihan kita. 
Mengakui kelebihan orang lain 

Untuk itu mari kita bersama-sama mengintrospeksi diri, sebelum, kita menilai kekurangan orang lain.Trima kasih buat teman2 yang udah memberikan masukan untuk saya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar