Translate

Senin, 09 Januari 2012

Tips Menjaga Kekompakan Tim

Sebagai ketua tim kerja, anda harus bisa menjaga kekompakan dengan anggota tim. Jika tidak, sulit rasanya untuk bisa saling mendukung dan bekerja sama. Tahukah anda bagaimana cara menjaga kekompakan dalam kerja tim? Nah di bawah ini adalah tipsnya:

* Lakukan evaluasi secara rutin berdasarkan waktu yang telah ditetapkan, dengan mengacu pada target kelompok. Usahakan agar saat evaluasi semua anggota hadir. Jika salah satu tidak hadir, dikhawatirkan tidak akan tercapai kesepakatan. Atau dikhawatirkan akan terjadi ‘missunderstanding’. 

* Saat evaluasi tekankan pada kesulitan kelompok secara umum. Kemudian perlahan-lahan mengarah pada materi yang lebih spesifik. Jika ada masalah di dalam kelompok, jangan menyalahkan atau memojokkan satu orang. Semua harus berpikir jernih dan bersama-sama mencari solusi.

* Tentukan target waktu untuk setiap tujuan yang disepakati. Hal ini penting untuk mengontrol pencapaian hasil serta kemajuan kelompok. Jika ingin merubah kesepakatan, jangan lupa untuk membicarakan kembali dalam rapat tim.

* Jangan lupa mintalah saran dan pendapat anggota sebagai kontribusi untuk tim. Jika saran anggota cukup bagus diskusikan bersama-sama hingga mencapai kesepakatan. Sebaliknya, sebagai ketua tim andapun tak perlu ragu menyampaikan ide ataupun pendapat. Tapi tentu saja sama seperti lainnya, hal ini harus didiskusikan bersama. Selain itu terbukalah terhadap kritik, selama kritik tersebut kontruktif, oke-oke aja kan..?

Dengan demikian, anda telah berusaha menjadi ketua tim yang bijak, yang selalu mendengarkan suara anggota dan menjaga kekompakan tim. 
Selamat berkompak ria dengan tim...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar