Translate

Rabu, 01 Februari 2012

SANTO YOHANES BOSCO, PELINDUNG KAUM MUDA

Kemarin, Selasa 31 Januari 2012, Gereja Katholik memperingati Santo Yohanes Bosco. Santo Yohannes Bosco (bahasa Italia: Giovanni Melchiorre Bosco) , lahir 16 Agustus 1815 – meninggal 31 Januari 1888 pada umur 72 tahun. Ia akrab dipanggil Don Bosco, dan merupakan seorang pendidik dan Pastur. Ia mendirikan Kongregasi istimewa untuk melayani kaum muda yang bernama Serikat Salesian. Nama tersebut diambil atas Santo Fransiskus dari Sales, supaya mereka meneladani kebaikan hati dan kelemahlembutannya. Kini Kongregasi ini tersebar diseluruh dunia dan mengelola berbagai lembaga pendidikan khususnya dibidang pertukangan.


Pengalaman hidupnya membuat dia bertekad untuk menjadi bapak, sahabat dan guru bagi anak-anak yang diasuhnya. Ia pun juga dijuliki sebagai ‘Bapa, Guru dan Sahabat kaum muda’.

Yohanes Bosco merupakan satu-satunya Orang Kudus (Santo) yang mempunyai hampir 20 orang pengikut berusia muda (kurang dari 20 tahun) yang diakui oleh gereja dan sedang menjalani proses untuk menjadi orang kudus. Tidak heran jika gereja pun mengangkatnya sebagai Pelindung Kaum Muda.
By: Red_dexter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar