Translate

Kamis, 25 April 2013

Lulus Kuliah Masih Ada Ujian?

Saya ingin sharing sedikit tentang pandangan saya mengenai Alkitab. “Apa sih isi Alkitab? Penting nggak sih?”. Dulu saya menganggap Alkitab tuh jauh lebih membosankan daripada buku apapun di dunia ini. Dengan tulisan kecil-kecil, bahasa yang susah dimengerti, dan alur cerita yang tidak jelas bikin saya tidak ingin buka kalau tidak disuruh oleh pak pendeta. Bahkan saya tidak pernah bertahan lebih dari 1 menit waktu baca di rumah.

Tapi belakangan saya mulai sadar kalau Alkitab tuh penting banget. Banyak pelajaran yang belum pernah saya dapat di sekolah maupun di kuliah, dan itu adalah pelajaran yang sesungguhnya dalam hidup ini. Di situ tertulis janji-janji Allah dan firman-firman yang mampu menguatkan saat kita lemah.

Saya dulu paling malas sama yang namanya buka Alkitab. Sebenarnya, perlukah baca firman tiap hari? Kita sekolah selama 12 tahun, kuliah sekitar 4 tahun, pasti tidak lepas dari yang namanya ujian. Seringkali kita belajar mati-matian untuk persiapan ujian. Mungkin ada beberapa di antara kita yang suka belajar mepet-mepet sehingga waktu ujian tidak siap.

Hidup kita juga tidak lepas dari ujian, bahkan seringkali ujian itu datang bertubi-tubi. Bedanya, saat kuliah kita diberi tahu oleh dosen terlebih dulu kapan akan diadakan ujian. Sedangkan ujian dalam hidup kita, siapa yang tahu? Tidak seorangpun tahu kapan ujian itu akan dating menimpa kita. Oleh sebab itu lebih baik kalau kita berjaga-jaga. Saya percaya, saat kita baca firman, ada suatu pengetahuan baru yang kita terima, dan ada kekuatan baru yang kita dapat. Sehingga kita siap saat ujian datang, kapanpun itu.

Selain itu, ada banyak sekali janji-janji Tuhan dalam Alkitab ini. Dan salah satu yang sangat saya suka adalah yang Tuhan bilang di Yoh 15 : 7 ~ Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya ~

Tuhan berjanji , bahwa jika kita tinggal di dalam-Nya dan firman-Nya tinggal di dalam kita, maka kita bisa minta apapun dari-Nya dan PASTI dikabulkan. Luar biasa bukan? Bayangkan seandainya kita punya 7 dragon ball dan kita bisa minta apapun, wow!! :D Tapi Tuhan kita jauh lebih hebat daripada itu, dan tentunya permintaan yang dikabulkan adalah yang tidak bertentangan dengan kehendak-Nya.

Kalau saya boleh meminta, yang saya inginkan adalah keselamatan orang-orang yang saya cintai dan sayangi, termasuk teman-teman semua yang baca tulisan ini. Dan ayat tadi saya jadikan motivasi agar saya semakin dekat sama Tuhan.

Semoga saja sharing saya ini bisa berguna buat teman-teman yang membacanya. Saat kita baca firman, mungkin kita bisa cari satu atau beberapa ayat favorit, dan jadikan itu sebagai motivasi untuk makin dekat sama Tuhan dan terus menggali janji-janji Allah lainnya. Tapi jangan juga kita dekat sama Tuhan karena ingin diberkati dan keinginan kita dipenuhi saja, tetapi sayangilah Dia karena dia adalah Bapa kita, dan juga cintai firman-firman-Nya. Dan biarlah firman itu tumbuh dan berkembang di dalam kita.

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” (Mat6:33).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar